Friday, February 3, 2012

Sejarah Berdirinya Facebook


Facebook didirikan oleh seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg pada Februari 2004. Aslinya sih bernama Facebook ( Nama dari sebuah Majalah Kampus bernama “Face book” yang digunakan untuk memperkenalkan kepada Mahasiswa baru untuk mengenal komunitas kampusnya). Facebook dibuat untuk membuat komunitas online sehingga orang-orang bisa saling mengenal dan menghubungkan orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Ketika Zuckerberg pertama kali menemukan Facebook, dia hanya ingin membuatnya untuk mahasiswa Harvard, dan tidak lebih dari sebulan, lebih dari setengah yang telah lulus telah menjadi anggotanya. Lalu setelah dua bulan terbentuk Zuckerberg telah membuka pintu virtual untuk menerima anggota dari Yale dan Stanford, dan pada april 2004, Facebook sekarang memiliki Lembaga kampus dan juga beberapa perusahaan besar. pada desember 2004, Facebook telah melebar meliputi 1 juta anggota.

Tahun 2005 terbukti adalah tahun kejayaan Zuckerberg dan Facebook. pada bulan Mei Facebook telah bergabung dengan AccelPartners pada sebuah perusahaan besar dan telah meraup keuntungan 12.8 dollars. pada Agustus Zuckerberg membeli domainnya Facebook.comnya dari sebuah perusahaan bernama ABoutface seharga $200.000 ( ayo siapa yang berani membeli sebuah domain seharga 2 milyar?, wuih nggak main2 dah ini kayaknya). Dan akhirnya lahirlah Facebook seperti yang kita kenal sekarang. Sementara, halaman Facebook di design ulang biar lebih User Friendly. Facebook meluncurkan versi untuk anak2 SMA pada bulan september. dan akhir tahun Facebook telah melebar dan meliputi anggota dari 2000 kampus dan lebih dari 25 ribu sekolah.

Pada 2006 ada sebuah request dari seorang anggota untuk mengundang murid Sekolah menengah untuk bergabung dengan jaringan para mahasiswa. dan pada september Zuckerberg telah membuka Facebook, menerima semua orang yang lebih dari 13 tahun atau yang lebih tua dengan verifikasi sebuah email aja.

Facebook mulai melihat ke dunia bisnis online dan bulan mei mengumumkan tambahan iklan ke situsnya. Ini membawa persaingan yang ketat dengan perusahaan lainnya seperti Craiglist.com. Facebook juga mulai membuat aplikasi bernama Facebook ads, sebuah sistem marketing yang memperbolehkan user untuk berbagi informasinya dengan teman Facebook mereka. Facebook diperkirakan mempunyai anggota 60 juta orang pada akhir 2007.

No comments:

Post a Comment