Friday, February 3, 2012

Tugas TIK . Tentang Web Site

Pengertian Web.
    Web artinya Suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakaninformasi. Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satuhari dan dikelola oleh mesin. Untuk mengakses informasi yang disediakan web ini, diperlukan berbagai perangkat lunak, yang disebut dengan web browser.

Cara Kerja Web.
    USER/pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui WEB BROWSER (yaitu media untuk menuju URL yang diakses), kemudian WEB BROWSER tersebut mengirimkan permintaan/ request berupa HTTP REQUEST kepada WEB SERVER melalui layer-layer TCP/IP, kemudian WEB SERVER memberikan WEB FILES yang di-request jika ada.
WEB FILES yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan/di-display begitusaja, namun WEB SERVER memberikan respon kembali ke WEB BROWSER melalui HTTP RESPONSE yang juga melalui layer-layer TCP/IP, yang kemudian baru di terima oleh WEB BROWSER, dan kemudian dikirimkan kepada USER berupa DISPLAY.

Pengertian Web Browser
    Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog.

Cara Mengakses Web Melalui URL
    beberapa alamat internet (URL) mempunyai mesin pencari. mesin pencari (search engine) yaitu site atau website internet yang memberikan fasilitas untuk mencari dokumen (alamat) atau data yang anda inginkan untuk mencari informasi di seluruh web server yang terhubung ke internet. semua search engine yang ada bekerja berdasarkan rumus dasar yang sama dan mempunyai karakter yang berbeda. URL (uniform resource locator) merupakan sumber daya internet sekaligus alamat sebuah homepage. URL terdiri dari 3 bagian utama antara lain sebagai berikut:
(1) URL yang menunjukkan protokol, misalnya http:// atau https:// (2) URL yang menunjukkan alamat server, di mana sumber daya tersebut terletak, misalnya smun1-jkt.sch.id (3) URL yang menunjukkan path file yaitu alamat atau lokasi dari mana dokumen yang terletak di dalam server tersebut, misalnya soal/komputer.html

No comments:

Post a Comment